WELCOME TO MY BLOG :D

Friday, December 24, 2010

TUGAS 8

1. Dalam bisnis internasional dikenal 2 transaksi bisnis internasional yaitu :

* Perdagangan Internasional ( International Marketing )
* Pemasaran Internasional (International Marketing )

Jelaskan apa beda kedua transaksi bisnis tersebut !

* Perdagangan Interbasional (Interbational Marketing) adalah proses tukar menukar yang didasarkan atas kehendak sukarela dari masing-masing Negara. Adapun motifnya adalah memperoleh manfaat perdagangan atau gains of tride sedangkan Pemasaran Internasional adalah pemasaran yang kegiatan operasinya melewati batas-batas dari suatu negara.

2. Coba jelaskan bagaimana tahap-tahap dalam memasuki bisnis internasional, dimulai dari tahapan yang paling sederhana yang tidak mengandung resiko sampai dengan tahapan yang paling kompleks !
*Tahapan-tahapan dalam memasuki bisnis internasional :

Perusahaan yang memasuki bisnis internasional pada umumnya terlibat atau melibatkan diri secara bertahap dari tahap yang paling sederhana yang tidak mengandung resiko sampai dengan tahap yang paling kompleks dan mengandung risiko bisnis yang sangat tinggi. Dalam memasuki bisnis internasional ada beberapa yaitu:

1. Ekspor Insidentil
Dalam rangka untuk masuk ke dalam dunia bisnis Internasional suatu perusahaan pada umumnya dimulai dari suatu keterlibatan yang paling awal yaitu dengan melakukan ekspor insidentil. Dalam tahap awal ini pada umumnya terjadi pada saat adanya kedatangan orang asing di negeri kita kemudian ada yang membeli barang-barang kemudian kita harus mengirimkannya ke negeri asing itu.

2. Ekspor Aktif (Purchasing)
Tahap terdahulu dan dapat berkembang terus kemudian adanya hubungan bisnis yang rutin dan kontinyu, bahkan transaksi yang semakin aktif. Keaktifan hubungan transaksi bisnis tersebut ditandai dengan semakin berkembangnya jumlah dan jenis komoditi perdagangan Internasional. Pada tahap aktif ini perusahaan negeri sendiri mulai aktif melaksanakan manajemen atas transaksi itu.

hap berikutnya adalah tahap penjualan Iisensi. Dalam tahap ini Negara pendatang menjual lisensi atau merek dari produknya kepada negara penerima. Dalam tahap yang dijual adalah hanya merek atau lisensinya saja, sehingga negara penerima dapat melakukan manajemen yang cukup luas terhadap pemasaran maupun proses produksinya termasuk bahan baku serta peralatannya. Untuk keperluan pemakaian lisensi tersebut maka perusahaan dan negara penerima harus membayar fee atas lisensi itu kepada perusahaan asing tersebut.

4. Franchising
Tahap berikutnya merupakan tahap yang lebih aktif lagi yaitu perusahaan di suatu negara menjual tidak hanya lisensi atau merek dagangnya saja akan tetapi lengkap dengan segala atributnya termasuk peralatan, proses produksi, resep-resep campuran proses produksinya, pengendalian mutunya, pengawasan mutu bahan baku maupun barang jadinya, serta bentuk pelayanannya. Cara ini sering dikenal sebagai bentuk “Franchising”.

Dalam hal bentuk Franchise ini maka perusahaan yang menerima disebut sebagai Franchisee dan perusahaan pemberi disebut sebagai Franchisor. Pada umumnya berhasil bagi jenis usaha tertentu misalnya bidang kuliner (makanan). Contohnya : KFC (Kentucky Fried Chiken), Mc Donalds, California Fried Chiken (CFC), Hoka Bento, Hanamasa, dan sebagainya.

5. Pemasaran di Luar Negeri (Active Marketing)

Tahap berikutnya adalah bentuk Pemasaran di Luar negeri. Bentuk ini akan memerlukan intensitas manajemen serta keterlibatan yang lebih tinggi karena perusahaan pendatang (Host Country) harus aktif dan mandiri untuk melakukan manajemen pemasaran bagi produknya itu di negeri asing (Home Country). Pengusaha pendatang yang merupakan orang asing harus mampu untuk mengetahui perilaku (segmentasi) di negeri penerima itu sehingga dapat dilakukan program-program pemasaran yang efektif.

6. Produksi dan Pemasaran di Luar Negri.

Tahap yang terakhir adalah tahap yang paling intensif dalam melibatkan diri pada bisnis internasional yaitu tahap “Produksi dan Pemasaran di Luar Negeri”. Tahap ini juga disebut sebagai “Total International Business”. Bentuk inilah yang menimbulkan MNC (Multy National Corporation) yaitu Perusahaan Multi Nasional. Dalam tahap ini perusahaan asing datang dan mendirikan perusahaan di negeri asing dengan segala modalnya, kemudian memproduksi di negeri itu, lalu menjuaI hasil produksinya itu di negeri itu juga. Bentuk ini memiliki unsur positif bagi negara yang sedang berkembang karena dalam bentuk ini negara penerima tidak perlu menyediakan modal yang sangat banyak untuk mendirikan pabrik tersebut.

3. Hambatan apa saja yang timbul dalam memasuki bisnis internasional ?

* Beberapa hambatan dalam bisnis internasional yaitu :

1. Batasan perdagangan dan tariff bea masuk

2. Perbedaan bahasa, social budaya/cultural


3. Kondisi politik dan hukum/perundang-undangan


4. Hambatan operasional


5. Hambatan dalam memasuki bisnis internasional :

a. Batasan perdagangan dan tariff bea masuk.

b. Perbedaan bahasa, social budaya/cultural.

c. Kondisi politik dan hukum/perundang-undangan.

d. Hambatan operasional.

e. Perusahaan Multinasioanal.

Sunday, December 19, 2010

tugas 7

No.1
Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran!
Jawab:
1.konsep produksi, konsep ini menyatakan bahwa konsumen akan menyediakan produk yg tersedia, selaras dengan kemampuannya.
2.konsep produk, mengandung pengertian bahwa konsumen akan menyukai produk yg menawarkan kualitas dan prestasi terbaik serta keistimewaan yg menonjol.
3.konsep penjualan, konsumen tidak akan membeli cukup banyak produk, kecuali mengupayakan promosi dan penjualan yg agresif.
4.konsep pemasaran, kunci keberhasilan mencapai tujuan perusahaan adalah terdiri dari penentuan kebutuha dan keinginan pasar sasaran serta pemberian keuasan yg diinginkan secara lebih baik
5.konsep pemasaran kemasyarakatan, tufas perusahaan adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yg diinginkan dengan lebih baik daripada pesaing-pesaingnya.
No.2
Sebutkan&Jelaskan beda pasar dan pemasaran?
Jawab:
yang dimaksud dengan pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, mempunyai uang untuk berbelanja dan mempunyai kemauan untuk membelanjakannya. Sedangkan pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
No.3
Apa beda kebutuhan&keinginan berdasarkan konsep pemasaran?
No.4
Jelaskan secara singkat apa yg dimaksud dengan “marketing mix”?
Jawab:
Marketing mix adalah bauran pemasaran yang terdapat 4 unsur didalamnya yaitu, produk, harga, promosi, dan tempat. Keempat unsur tersebut harus saling mendukung satu dengan yang lain, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

tugas 6

No.1
jelaskan dengan singkat sifat produksi yg saudara ketahui? Max.4
Jawab:
No.2
Jelaskan secara singkat pengertian produksi secara umum&secara ekonomi
No.3
Dalam bidang produksi mempunyai 5 tanggung jawab keputusan utama. Sebutkan&jelaskan!
Jawab:
1.planning = yaitu untuk menentukan apa dan berapa banyak akan diproduksikan dan di sini juga direncanakan seluruh kegiatan pduksi mulai saat masuknya bahan-bahan mentah sampai produk selesai dibuat.
2.routing = diartikan sebagai pelaksanaan proses produksi, yaitu merupaka urutan-urutan penyelesaian pekerjaan dari bahan mentah sampai produk selesai.
3.scheduling = yakni penentuan kapan suatu pekerjaan harus dimulai dan kapan harus selesai.
4.dispatching = merupakan perintah untuk mulai bekerja para pekerja.
5.follow up = merupakan tindak lanjut dalam urutan proses produksi untuk menjaga agar routing.

tugas 5

No.1
Apa perbedaan dari manajemen dan organisasi?
jawab: manajemen lebih mengarah kepada pengaturan atau pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut, adapun persamaan dari organisasi dan manajemen ialah sama-sama memiliki sasaran dan tujuan tertentu yang ingin dicapai.
No.2
Mengapa menejemen selalu dibutuhkan dalam setiap aktivitas kita? Jelaskan!
Jawab: karena menejemen merupakan ppendayagunaan sumber daya manusia dengan cara yang paling baik, agar bias mencapai rencana-rencana dan sasaran-saran dalam kehidupan.
No.3
Apa yang dimaksud dengan manager yg efisien&manager yg efektif?
Jawab: manager yang efisien adalah menager yg bermain dengan kecepetan dia bekerja, meringkas sesimple mungkin pekerjaan. Sedangkan manager yg efektif adalah manager yg bermain dengan kecepatan waktu, atau lebih bisa mengataur waktu mana pekerjaan dengan waktu jangka pendek, mana pekerjaan dengan jangka waktu lebih lama.
No.4
Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam dirimu?
Jawab:
Nasihat dan ridho orang tua
Kerjasama dalam pertemanan
Kemauan dalam diri sendiri untuk maju
Sarana yang memadai